Mengenal Polypropylene, Bahan Baku Manekin Plastik

Bahan Baku Manekin Plastik – Kemajuan industri fashion saat ini, mau tidak mau membuat industri yang terkait dengan pakaian itu sendiri ikut berkembang. Jadi dalam dunia bisnis fashion, jika terjadi perkembangan tidak hanya kualitas dan kuantitas pakaian itu yang berkembang, namun juga hal yang terkait seperti industri tekstil, benang, jarum, mesin jahit, aksesoris, manekin bahkan sampai penyedia Sumber Daya Manusia untuk industri fashion. Tentu ini merupakan sebuah peluang yang baik bagi pengusaha, serta sebuah kondisi yang baik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sebagaimana yang kami jelaskan diatas, saat industri fashion berkembang. Maka industri manekin juga akan turut berkembang. Mengapa bisa begitu? Karena saat keperluan busana masyarakat naik, akan ada banyak orang yang berusaha untuk terjun dalam dunia jual beli busana, dan mereka tentu membutuhkan manekin untuk memajang pakaian, celana, topi dan barang lainnya. Begitu pula sebaliknya. Namun secara umum, sandang merupakan kebutuhan dasar manusia, dikala jumlah manusia terus berkembang, kebutuhan manusia akan sandang tak akan pernah hilang, akan terus ada. Cuma yang mempengaruhi adalah daya beli masyarakat, saat daya beli menurun spending money masyarakat akan didahulukan pada kebutuhan mendasar manusia yang lebih penting dari pakaian, yaitu makanan.

Bahan Baku Manekin - Polypropylene Isotactic

Rantai Kimia Polypropylen Isotactic

Pada tulisan kali ini Pabrik Mannequin akan mengenalkan salah satu bahan baku pembuatan boneka manekin, yaitu polypropylene (PP). Dengan mengenal karakteristik bahan baku untuk patung manekin, harapannya setiap dari kita bisa jernih dalam menentukan pilihan manekin untuk keperluan kita. Jadi sebelum membeli kita betul-betul paham karakteristik perbedaan antara manekin kayu, manekin fiberglass dan manekin plastik.

Sejarah Polypropylene

Menurut catatan wikipedia ahli kimia dari Philips Petroleum J Paul Morgan dan Robert Banks adalah orang yang pertama kali mempolimerisasi polypropylene pada tahun 1951. Baru kemudian pada tahun 1954 berhasil dilakukan polimerisasi dalam bentuk kristal isotactic polypropylene. Pembuatan polypropylene secara besar-besaran oleh industri dimulai oleh perusahaan Italia Montecatini mulai tahu 1957.

Karakteristik Polypropylene

Sebagai senyawa sintetis dari industri petroleum, polypropylene memiliki sifat fisik dan sifat kimia yang khas. Masa jenis dari PP antara 0.895 sd 0.92 g/cm³. PP juga memiliki ciri fisik keras dan flexible, sehingga tak mengherankan jika banyak dipakai untuk membuat barang termasuk manekin plastik. Isotactic PP memiliki titik lebur pada suhu 171 °C (340 °F). Sedangkan untuk isotactic PP komersial memiliki titik lebur antara 160 hingga 166 °C (320 hinga 331 °F), tergantung dari bahan atactic tingkat pengkristalan. Syndiotactic PP dengan tingkat pengkristalan 30% memiliki titik lebur 130 °C (266 °F). Dan dibawah 0 °C, PP menjadi brittle (getas).

Maneki Bahan Baku Polypopylene dari Handsboot

Mannequin dari brand Hansboodt

Penggunaan PP

Penggunaan PP mencakup banyak sektor, tidak hanya untuk industri busana saja. PP bisa digunakan dalam pakaian, medis, peralatan rumah tangga hingga konstruksi. Beberapa barang yang sering dibuat dengan PP diantaranya, benang pakaian, peralatan laboratorium plastik, kursi, tempat makanan, tali, ember, lemari dan masih banyak lagi. Jadi tidak hanya untuk membuat boneka manekin saja. Boneka manekin adalah salah satu barang yang bisa dibuat dengan plastik PP. Contoh boneka manekin diatas adalah dari brand pembuat manekin terkenal Hans Boodt dari Belanda, kami dari Pabrik Mannequin Indonesia juga bisa membuat manekin custom jika Anda menginginkan. Bisa kontak no WA kami (T-SEL 0821-3300-9918) untuk diskusi lebih detailnya.

Kesimpulan

Seperti sudah disampaikan diatas, karakteristik plastik PP yang kuat dan flexible juga akan membuat manekin yang dihasilkan juga kuat dan tahan banting, berbeda dengan manekin fiberglass yang lebih mudah pecah saat benturan. Kedua bahan ini sama-sama tidak tahan api, maka jauhkan manekin toko Anda dari api, karena jika terbakar akan cepat menjalar. Dari segi kesehatan, bahan PP pernah diteliti di Canada pada tahun 2008 dan jurubicara Departemen Kesehatan Canada akan me-review penggunaan PP untuk melindungi konsumen. Jadi lebih baik kita hindari penggunaan PP untuk tempat makanan. Untuk bahan baku pembuatan manekin sendiri, bahan PP bisa digunakan kembali untuk membuat manekin atau reusable, namun tetap ada ambang batas berapa cycle bahan PP bisa di-recycle kembali.

 

Leave a Reply

Required fields are marked*