Sejarah Boneka Manekin dari Zaman Firaun

Jika kita menelusuri sejarah boneka manekin di dunia ini. Kita akan dapatkan data bahwa ternyata boneka mannequin atau biasa juga dikenal dengan nama dress form, sudah digunakan sejak zaman dahulu kala. Menurut wikipedia manekin adalah “Maneken adalah boneka manusia seluruh tubuh atau setengah badan yang dipakai sebagai model untuk memperagakan busana di toko. Boneka ini sering dipamerkan di etalase toko atau butik sehingga juga disebut boneka etalase. Pakaian yang dipakaikan ke maneken adalah pakaian model terbaru. Keberadaannya dimaksudkan sebagai menarik perhatian orang untuk melihat-lihat dan membeli

Manekin saat ini banyak kita temui di Department Store di pusat pusat perbelanjaan di kota Anda. Namun tahukah kita, penggunaan manekin ternyata tidak hanya untuk pajangan baju di butik, toko pakaian, distro, factory outlet atau yang berhubungan dengan industri fashion saja. Manekin digunakan juga dalam dunia pendidikan umum, kesehatan, alat peraga keamanan bahkan keagamaan. Banyak umat Islam yang menggunakan boneka manekin untuk peragaan pengajaran sholat jenazah. Luas bukan manfaat dan kegunaan manekin? Namun pada artikel ini kita akan fokus pada sejarah boneka / patung manekin saja.

Sejarah Boneka Manekin

Toko pakaian tahun 1909 di Auerbach’s Department Store di Salt Lake City, UT | Sumber ini

Sejarah patung manekin pertama kali yang terekam sejarah ada pada tahun 1350 sebelum masehi. Hal tersebut didasarkan pada penemuan manekin torso dari kayu didekat makam King Tutankhamen. Mannequin tersebut sepertinya lebih mirip tempat penyimpanan pakaian dibandingkan alat display pakaian. Itu adalah sejarah boneka manekin pertama yang digunakan oleh manusia berdasarkan sumber ini.

Menurut okezone yang dilansir dari Dailymail :

Sampai awal 1900-an, manekin paling umum yang digunakan ternyata tidak memiliki kepala, lengan, atau kaki. Baru pada 1912, dengan munculnya produksi pakaian massal, manekin dengan tampilan manusia seutuhnya menjadi populer.

Selama era Depresi (akhir 1920-awal 1930), manekin dibuat dengan mengambil inspirasi dari bintang muda Hollywood karena banyak orang Amerika melampiaskan persoalan hidupnya di bioskop, ujar Eric Feigenbaum, ketua departemen visual merchandising dari LIM College, sebuah perguruan tinggi fashion di New York City. Tapi selama Perang Dunia II, manekin terlihat lebih muram guna merefleksikan fashion yang lebih tenang.

Setelah Perang Dunia II, manekin mulai terlihat playful atau ceria lagi. Karena hal-hal yang berbau seksualitas masih dianggap tabu selama 1940-1950-an, banyak pengecer busana di Amerika mengilangkan puting pada manekin.

Pada masa revolusi seksual era 1960, manekin dengan puting kembali diperbolehkan untuk menampilkan busana tanpa bra. Dekade ini juga muncul tren manekin yang dibuat mirip seperti selebriti. Misalnya, Rootstein yang menciptakan manekin berdasarkan model Twiggy pada 1966.

Akhir 1970-an dan awal 1980-an adalah era hiper-realisme, dengan manekin memamerkan pusar, bahkan lekukan tulang belakang, menurut Chad Michael Morrisette, seorang ahli dalam sejarah manekin.

Pada akhir 1980-an, tren manekin berwujud manusia lengkap mulai ditinggalkan lagi. Manekin tanpa kepala atau kepala tak berwajah mulai digunakan. Dan kini, industri manekin lebih realistis dengan wig, make up, fitur wajah, lingkar pinggang penuh, bahkan tato, seperti dilansir Dailymail.

modern manekin dari Bonaveri - Sejarah Patung Manekin

Patung Manekin Modern dari Brand Bonaveri

Dari sumber okezone tersebut kita bisa membuat analisa bahwa sejarah perkembangan patung manekin berubah dari masa ke masa. Tergantung corak pemikiran masyarakat pada waktu itu. Kita tidak tahu kedepan bentuk manekin akan menjadi seperti apa. Tentu jika kita kaitkan dengan prediksi meledaknya halal market pada tahun 2020, bisa jadi pada waktu itu bentuk manekin akan mempunyai corak baru yang akan menambah kekayaan sejarah boneka manekin pada peradaban manusia.

Semoga artikel yang membahas sejarah boneka manekin diatas bisa menambah kekayaan pemikiran mengenai fashion sahabat. Jika Sahabat membutuhkan patung mannequin dalam dengan harga murah, kami bisa menyediakan untuk Anda karena kami adalah Pabrik Mannequin Indonesia yang memiliki mesin blow molding sendiri untuk mencetak manekin (dress form) sendiri (bahkan sangat mungkin membuat manekin dengan kualitas sama seperti punya Bonaveri diatas). Bisa WA kami di no 0821-3300-9918 detail lebih lanjut. Manekin dari fiberglass, plastik polypropylene ataupun custom manekin dari kayu atau logam dapat juga kami penuhi, karena kami bagian dari perusahaan kerajinan yang sudah berpengalaman membuat banyak macam kerajinan custom, termasuk manekin.

Leave a Reply

Required fields are marked*